jump to navigation

Blog Dijiplak? Mohon Saran soal Copyright… Februari 7, 2007

Posted by ilham in Interupsi.
trackback

Alo-alo semua kawan-kawan. Mohon advisnya, ya?

  1. Apa yg harus saya lakukan jika ada pihak yang mengutip tulisan kita hingga hampir 99% tanpa mengutip sumbernya?
  2. Saya lihat ada situs yang menjiplak tulisan-tulisan saya kadang-kadang mencantolkan kode (kfm) di akhir tulisan. Maksudnya apa ya?
  3. Layakkah tulisan saya dijiplak berkali-kali (regularly reuploaded) tanpa penyebutan sumber tersebut?
  4. Bolehkah situs komersil mengutip tulisan blog KafeMotor begitu saja (tanpa menyebut sumber), dan apa ada bedanya dengan situs nonkomersil yang melakukan hal yang sama (yang memang juga ada)?

Perlu diketahui bahwa—seperti teman-teman yang lain—saya bisa menulis seperti sekarang bukannya tanpa usaha. Bahkan sebagian tulisan lama saya yang kemudian saya upload lagi masih tetap butuh effort. Paling tidak…

  1. Saya harus menyisikan waktu mengumpulkan data informasi otomotif.
  2. Saya sudah menghabiskan tak berhitung lagi biaya untuk eksperimen modifikasi.
  3. Saya menulis bukan asal-asalan. Saya sebelumnya harus mengasah diri bertahun-tahun.

Nah, meskipun semenjak awal saya telah katakan bahwa tulisan-tulisan dalam blog saya untuk bagi-bagi ilmu dan pengalaman, tapi bukan berarti bisa diperlakukan seenaknya bukan?

Mohon sumbang sarannya…

Ilham

PS. Situs yang mengutip adalah racing http://www.indonesianracing.com (news.marketing and solution.event organizer.communication and public relation.racing equipment and accessories)… Dishare untuk kepentingan bersama😛

Adapun tulisan dijiplakan tersebut, antara lain:

Suzuki Ngak Mau Kalah, Siap Luncurkan NEW THUNDER
Selasa, 6 Februari 2007 08:50
http://www.indonesianracing.com/inde…43&hal=detnews

Aprilia RS125, Come and Give a Try!!!!
Selasa, 6 Februari 2007 09:01
http://www.indonesianracing.com/inde…24&hal=detnews

Yamaha V-Ixion Downgrade atau Viper Facelift?

Selasa, 23 Januari 2007 14:13
http://www.indonesianracing.com/inde…33&hal=detnews

Selamat Tinggal Motor Sport Klasik !!
Minggu, 28 Januari 2007 07:26
http://www.indonesianracing.com/inde…02&hal=detnews

Modifikasi Motor: Pakai Limbah atau Aftermarket?
Selasa, 23 Januari 2007 14:16
http://www.indonesianracing.com/inde…57&hal=detnews

Belajar Modifikasi: Apa yang Harus Anda Siapkan!?
Rabu, 24 Januari 2007 07:53
http://www.indonesianracing.com/inde…33&hal=detnews

Evoluzione II Cagiva Mito Serasa Balap GP
Kamis, 18 Januari 2007 03:41
http://www.indonesianracing.com/inde…24&hal=detnews

Komentar»

1. senyumsehat - Februari 7, 2007

Hi Ilham aku udah jawab di blog-ku ok kupaste disini yaa
Aku pernah dijiplak tapi penulisnya minta ijin contohnya disini kalau pun tidak minta ijin ya sudah toh saya menulis tujuannya buat informasi, Alhamdulilah kalau memang informasi itu bermanfaat buat orang lain, memang idealnya kita kasih kredit kepada yg membuat, tapi manusia khan suka lupa…menghargai orang lain. Yang penting tujuan akhir pesannya sampai… gitu to…gondok dikit biasa tapi balik ke konsep awal.Tapi kalau terus2an di depan mata kasih peringatan dikit bolehlaah…hehehe…😉

2. Dani Iswara - Februari 7, 2007

saya pake yg creative common dan nempel jangan copy-paste-nya jaf-suarane jg..

biasanya yg make tulisan saya utk tujuan non komersial (sesuai lisensi cc) minta ijin/pemberitahuan via email, silakan diubah seperlunya atas seijin penulis awal, dan tetap mencantumkan sumber dgn jelas..

kl yg komersial..blm pernah😀

tulisan2 enda nasution ttg apa itu blog tuh yg banyak asal dikopi pasta media cetak..

saran:
» kirim email keberatan ke admin situs
» minta penyelesaian/pernyataan maaf/honor😀
» penarikan kembali semua tulisan

3. DETIC_030 - Februari 8, 2007

berarti tulisan elu emang enak dibaca bro…🙂

Ah masak sih? Tnq bang Laurent atas supportnya!

4. indonesianracing moderator - Februari 8, 2007

Yth. Mas Ilham

Mohon Maaf bila ada rekan kami yang mempublish tulisan anda, dan saya sebagai moderator sudah memperingatkan rekan tersebut untuk mencantumkan sumbernya (kami akui tulisna anda berbobot dan berkualitas)

Maaf kami indonesianracing.com, bukan situs komersieel, kami dibangun atas dasar komunitas hobi dan konsep kami adalah dokumentasi, kliping kumpulan berita-berita balap yang sekedar ingin memberikan informasi kepada publik.

Salam kami

5. Kang Kombor - Februari 8, 2007

Sepakat sama 3 poin saran Kang Dani Iswara. Sebagai sesama blogger, nanti saya akan ikut tulis juga di blog saya. Ijin mengutip, terutama mengenai tulisan-tulisan yang dibajak itu.

6. Kang Kombor - Februari 8, 2007

Kang Ilham, barusan saya cek taut ke tulisan yang dijiplak itu. Di akhir tulisan saat ini sudah ada tulisan (www.kafemotor.wordpress.com). Sudah cukup untuk Sampeyan atau belum?

7. Evy - Februari 8, 2007

Oh ya Ilham aku salah…beda kasus tulisanku bukan dijiplak tapi di jadikan referensi gitu kali ya… beda dengan tulisanmu, tp sudah nggak tuh kata kang kombor

8. wadehel - Februari 8, 2007

Silahkan baca tulisan ini dan minta saran pada Bu Lita

9. joesatch - Februari 8, 2007

pernah. dijiplak plek bgt dan ditambahi kata2 di bawahnya yang menurut dia sendiri. tapi akhirnya dia minta ijin sih, hehehe. mungkin nggak enak sama aku juga. kalo aku, sih, ya kudiemin aja. kalopun nanti ada yang berpendapat, kok tulisanku njiplak anu sih…tinggal ta’jawab, liat aja tgl postingnya siapa yang menjiplak siapa😛

10. grandiosa12 - Februari 8, 2007

begitulah resikonya punya blog keren… hehehe

11. ilham - Februari 8, 2007

sy masih nunggu masukan dan masih mikir2…. pd intinya kafemtr sgt sederhana karena itu sy ingin jd ajang hobby. tak lupa tnq dr saya

12. grandiosa12 - Februari 8, 2007

kepada moderator indonesianracing: KALIAN BILANG BUKAN SITUS KOMERSIL. KALAU DAH ADA BANNER2 IKLAN DI SITUS INDONESIANRACING BERARTI ITU UDAH KOMERSIL!!!!!. TUNTUT AJA MAS ILHAM. MENCANTUMKAN NAMA KAFEMOTOR AJA GA CUKUP.

13. passya - Februari 8, 2007

kontak dulu aja pak…
lihat niat baik mereka…terutama yg komersil,
kalo gak diindahkan ramein aja di blog, milis dan media…

14. Lita - Februari 8, 2007

Jawaban saya:

1. Tegur. Kontak administratornya. Tunggu tanggapan. Kalau tidak ditanggapi, sebar aja lewat milis. Posting ini salah satu cara peneguran yang efektif. Ditanggapi kan?

2. Tidak tahu. Yang itu harus ditanyakan kepada pemasang artikel. Mungkin kawan jurnalis tahu, misalnya kode/inisial untuk nama?

3. TIDAK. Komersil atau tidak komersil, blog atau bukan, apapun bentuknya, sumber berita/kutipan harus dicantumkan kecuali idenya memang orisinal dari pembuat artikel. Itupun lebih baik jika pembuat artikel mengatakan sumber inspirasi atau rujukan bahasannya.

4. Sudah dijawab di no. 3.

Untuk ‘kasus’ blog, seringkali izin dapat dikonversi ke dalam bentuk trackback atau linkback. Sekadar sang empu artikel tahu bahwa artikelnya digunakan oleh orang lain. Ada yang lebih suka/mewajibkan dimintai izin dulu, ada pula yang santai saja asalkan ada trackback.

Sedangkan jika tipenya agregator (pengunduh artikel terotomatisasi), asalkan pengumpul memberitahu status situs tersebut (bahwa fungsinya memang mencomot isi situs lain), umumnya penulis artikel tidak berkeberatan. Misalnya agregat untuk dinikmati sendiri.

Beda lagi dengan agregator ‘besar’ semacam WarungBlog, Blog-Indonesia, Merdeka, Planet Terasi, dll, yang memang membuka term khusus bagi para blogger untuk mendaftarkan blognya agar diunduh oleh mereka.

Wah kayanya udah kepanjangan nih. Intinya sih, JANGAN DIAM SAJA. Lakukan apa yang perlu (seperti pemberitahuan untuk tidak menjiplak dari sini). Lalu tuntut yang menjadi hakmu🙂

*kipas-kipas… bakar… bakar…! ups*

@Indonesian Racing: Oh, baiklah. Bukan komersil tapi dapet duit dari iklan ya? Hmmm… Bisa definisikan ulang apa yang anda anggap sebagai situs komersial?

15. ilham - Februari 9, 2007

Wah, akhirnya pakar ikut ngomong. Tnq mbak Lita…

Btw, saya baru saja menyelesaikan surat tanggapan resmi dan siang hari ini juga akan mengontak http://www.indonesianracing.com, namun situs/alamat tersebut sudah tidak lagi bisa saya akses…. Apa perlu saya posting tanggapan resmi saya di sini?

16. mbah hot - Februari 9, 2007

ya.. perlu dong..
bikin posting baru ajah “Surat Tanggapan mereka gituh”🙂

biar kita-kita semua tau!

biar mereka maluh! malu! MALU KALIAN! MALU!

17. Lita - Februari 9, 2007

Aduh, saya bukan pakar, mas Ilham. Hanya kebetulan pernah mengalaminya saja🙂
Sama-sama, semoga membantu.

Iya ya. Tidak bisa diakses. Ngga papa, tulis saja tanggapan resminya. Pembelajaran🙂

18. ilham - Februari 11, 2007

Sekali lagi sy ucapkan tnq bgt atas smua saran2 rekans di sini. love u all!!!

19. mrtajib - Februari 12, 2007

ketika sampean menulis mengenai hal ini di ruang tamu blog saya, saya kira itu hanya sekedar tanya, jadi tidak begitu saya respin. Bariu pagi ini saya klik lebioh lanjut, waduh….repot.

Kayaknya memang perlu bikin gerakan lebih lanjut, yang lebih gencar menolak pemuatan macam begituan. gerakan yang ebih esekedar Jangan Asal Copy paste, tapi apa yach?

Saya sedang merancang talkshow online di blog saya. kapan-kapan sampeyan jadi pembicaranya, mengenai topik ini. ide-idep sebagai bahan kampanye menolak pemuatan yang demikian.

Sori kalau sebelumnya saaya sambil lalu, habis sibuk. He he he…

tunggu tanggal mainnya sampyan nyontong di bliog saya…OK

20. ilham - Februari 13, 2007

Jiakakaka, oke kang Tajib. Tnq, ane akan mampir lagi 😀

21. Rovicky - Februari 15, 2007

Aku kok ngga begitu peduli mau dijiplak, mau dipublikasi dsb. memang beberapa tulisan dimuat di koran2 di Jogja. Lah tulisan itu juga aku buat atas dasar hobi dan rekreasi, makanya aku ya ngga merasa apapun.
Bahkan aku tulis di blog itu gini :
#
Copyleft
Anda dapat memperbanyak dan menyebarluaskan isi website ini seutuhnya, sebagian trus dicetak dijual ataupun dipakai bungkus kacang, ataupun dijadikan pesawat-terbang kertas, atau didaur ulang, dst-nya, asalkan tidak menghapus ‘catatan hak cipta’. Karena banyak karya orang lain tersadur juga dalam dokumen website ini juga.

22. ilham - Februari 15, 2007

Hihihihi… Tnq om Rovicky. Tp istilah copyleft itu sgt2 bersayap…

23. jhonrido - Februari 17, 2007

Mmmm..memang ini adalah resiko sebagai penulis setia diblog pribadi atau komunitas. Tapi ada baiknya, kalo kita membuat suatu tulisan yang benar-benar sifatnya ilmiah, buat buku aja deh…Gimana?

24. ilham - Februari 17, 2007

waaahhhh, stuju. tp kalo blog bukan t4 bicara2 ilmiah, apa masih boleh tulisan kita dikutip dan diklaim oleh org lain?

25. xwoman - Februari 18, 2007

mas ilham serius to…, sedih juga ya…. aku juga ga trima yapi ya gimana seperti kata jhonrido, resiko (padahal sih aku pengen nuntut royalti hee… jaim dikit)

26. orido - Februari 20, 2007

ya klo gak mau di jiplak, jangan di publish di blog atuh tulisannya..
tapi emang ada yg pengen di “kulonuwun” dan ada yg ngga ketika ada tulisan yg ada di blog nya di jiplak..
makannya biasa nya aku emang permisi dulu klo mo nge-link tulisan di blog aku…

27. alief - Februari 23, 2007

Kalo penjiplakan gitu namanya jadi ‘right to copy’ bukan copyright… Tapi kalo sumbernya sudah disebut, sudah cukup copyright kan?

28. Dee - Februari 26, 2007

Aku sadar, aku tak mungkin mengendalikan pihak-pihak luar untuk menggunakan tulisanku untuk keperluan mereka. Kalau mereka ijin, ya alhamdulillah. Kalau nggak ijin, dan aku rela, InsyaAllah jadi pahala. Kalau nggak ijin, dan aku dirugikan karena hal tersebut, sebisa mungkin aku sampaikan keberatannya. Kalau nggak digubris, semoga ada keadilan di alam lain yang berlaku bagi mereka. Jadi, kalau mas ilham nggak ikhlas, aku dukung sepenuhnya, karena itu hak mas ilham!
aku coba akses ke situsnya, nggak bisa tuh, mungkin kualat sama mas ilham😀

29. panca - Maret 4, 2007

sukur lah kalo tulisan kita dijiplak, berarti bermanfaat untuk orang lain. tapi ya itu mestinya netiket tetep dipake. minimal nyebutin sumbernya.

30. HTML475 - Oktober 25, 2007

He2…ane pernah ngirim ijin resmi via e-maill pribadi ke kang ilham perihal beberapa tulisan kafe motor yang ane copy&paste di forum HTML.
dan makasih banget bang ilham sudah mengijinkan.
tulisan2 di blog Kang Ilham sudah banyak mencerdaskan dan mencerahkan banyak orang. 2 thumbs up

31. benbego - November 2, 2007

jadi begini ya sejarahnya kopi paste!😀

32. myheart - November 5, 2007

kurang kreatif yah..
copy paste tanpa minta ijin yg punya tulisan..
gak sopan.

33. ilham - Maret 16, 2008

tes… tes

34. ilham - Maret 16, 2008

tes

35. tetapbergerak - Februari 26, 2009

santai aja bro…
klo bisa minta royaltinya juga..😀

36. REGALLIA - Juni 20, 2014

ROYALFLUSH99 PROMO SPEKTAKULER
PADA UMUM NYA MIN DEPOSIT UNTUK SITUS
ROYALFLUSH99 ADALAH 50RB.
NAH SEKARANG ROYALFLUSH99 MEMPUNYAI PROMO
YANG TENTUNYA SANGAT-SANGAT SPECIAL LOH
DIMANA DENGAN HANYA MELAKUKAN DEPOSIT SEBESAR
10RB RUPIAH MAKA AKAN MENDAPATKAN BONUS 50RB RUPIAH
NAH PROMO INI BERLAKU UNTUK SEMUA PECINTA ROYALFLUSH99
BAIK YANG AKAN MENDAFTAR ATAUPUN SUDAH MENJADI PEMAIN
TETAP ROYALFLUSH99.COM

S&K
1.promo hanya berlaku untuk deposit 10rb..
tidak berlaku kelipatan
2.pemain hanya bisa melakukan WD apabila turnover permainan
mencapai 1.500.000
3.satu nomor rekening hanya bisa mengklaim promo 1 hari sekali
4.untuk mengklaim bonus di harapkan untuk menghubungi livechat kami
untuk keterangan dan info lebih lanjut
5.tidak diperbolehkan melakukan kecurangan seperti yang tertera di dalam
peraturan permainan di situs royalflush99
6. keputusan pihak royalflush99 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

claim bonus
1.bonus chip akan di berikan kepada setiap pemain melalui sistem voucher
2.setelah melakukan deposit maka setiap pemain di haruskan mengikuti langkah2
dibawah ini :
-buatlah memo kepada admin royalflush99
? Subjek : Promo spektakuler
isi : claim bonus promo spektakuler

-setelah kode voucher didapatkan maka pemain di haruskan untuk
masuk ke menu deposit.. isilah di dalam menu deposit sebagaimana
anda melakukan deposit seperti biasa nya…yang perlu di perhatikan adalah
pada kolom keterangan di tuliskan kode voucher yang telah diberikan

NB: segala tindak bentuk kecurangan tidak akan di tolerir.. akan di tindak secara tegas
pemain yg telah melakukan deposit..apabila ingin mengikuti promo maka tidak diizinkan
untuk bermain terlebih dahulu..apabila hal itu terjadi maka pemain tersebut tidak akan bisa
lagi mengklaim bonus dan tidak bisa melakukan WD sebelum chip mencapai standar minimum
WD yaitu 50rb

PROMO BERLAKU MULAI TANGGAL 20/06/2014 JAM 10.00 PAG


Tinggalkan Balasan

