jump to navigation

Stop Ngurus Statistik, Yyyyyuuuuuuuuk! Januari 28, 2007

Posted by ilham in Interupsi.
trackback

Saya tidak ingin munafik. Jujur saja saya masih sering, sangat sering malah, nengak-nengok perkembangan statistik, terutama di KafeMotor. Tak bisa dipungkiri jika statistik itu menghibur. Namun saya juga berusaha mengingat bahwa halaman statistik itu memang berguna untuk analisa tren pembaca blog. Ya, itu penting bagi blog motor yang isunya sangat spesifik. Ya tau sendirilah, yang ngeklik biasanya pengunjung ”normal” alias not blogger.

Sampai di situ tak ada masalah. Lalu beberapa saat lalu, saya temukan kiriman selamat karena hari itu kebetulan KafeMotor bertengger di posisi pertama. Belum hilang rasa suprise saya, rupanya sekarang ada pula Liga Utama Bloggers WP. Lucu sekaligus menggelikan. Saya berusaha menahan diri untuk tidak ikut komen. Apalagi belum tentu bertahan di puncak besok, dan besoknya. {Padahal awalnya pengen ngocol juga sih}.

Kemudian saya teringat beberapa posting yang sempat saya lihat sepintas. Kira-kira semua membahas soal dunia blog, lengkap isu dan aktornya. {Bener-bener kyk dunia infotainment aja}. Lagi-lagi dasar seorang pemula, saya pikir tak banyak urusan. I’m not celeblogger nor real blogger! Saya dasarnya cuma mau bagi-bagi pengalaman ke orang yang punya minat sama. Apalagi blog resmi saya, ilhamsaenong ini nih, yang minatnya lebih umum belum jalan maksimal. Jadi saya tetap fokus menulis untuk sasaran pembaca spesifik yang ingin info alternatif soal dunia motor dan modifikasi…

Jika mau jujur, saya malu dan takut. Malu karena sebelum ke WP, saya sudah membaca tulisan Nofie Iman tentang “Beberapa Kesalahan Blogger Pemula” yang saya ringkas di posting sebelumnya. Juga takut kalau-kalau ego akan mengendarai jiwa bebas saya (maklum biker anti kemapanan :P). Nanti malah rambu-rambu yang susah payah saya tetapkan untuk memandu kelola blog ini jadi luntur. Betapa tidak, orang selemah saya bisa saja terseret ke lembah manipulasi kunjungan hanya untuk menaikkan traffic which is bagi sebagian orang bukanlah hal sulit. {Meskipun cuma sempet kebagian urusan konten di beberapa situs komersil, toh saya tahu dikit-dikitlah cara-cara melipatgandakan kunjungan ke sebuah situs secara manipulatif}.

Sembari belajar operasional blogging dan WP, saya akhirnya tahu ada pula cara legal dan lebih terpuji untuk menaikkan traffic blogging, seperti tips-tips di Pemburu Page Ranking, SEO, dan Kualitas-nya Mas Dani Iswara. Mungkin ini banyak ditempuh blogger WP yang lain. Tapi jangan kebablasan, misalkan dengan numpang tenar blog yang lain dengan membahas berlebih seperti “diprotes” Wadehel atau disindir yang lain-lain. Jangan juga mengirim undangan yang membabi-buta tidak karuan seperti pernah saya protes secara terbuka via postingan khusus di blog saya. {Udah saya hapus jee, orangnya udah saya maafin kok :P}.

Tentu hakikat blogging adalah komunikasi interpersonal via dunia maya yang cenderung impersonal. Ada baiknya banyak nulis atau bersilaturrahmi jika memang mengejar statistik. Pakai cara-cara legal itu penting karena menghidupkan esensi komunitas maya dalam dunia impersonal tersebut. Sebaliknya, cara ilegal justru naif karena akan membodohi dunia yang hiperreal yang sebenarnya merupakan pembodohan diri sendiri. Toh kita memerlukan respons yang otentik terhadap isi blog kita.

Sambil memikirkan masalah di atas, sesekali saya iseng membandingkan hasil tertinggi setiap judul posting KafeMotor yang ditampilkan botd.WP dengan peringkat posting tersebut dalam keseluruhan posting blog saya dalam waktu hari itu, 7 hari, dan 30 hari. Mencengangkan! Bukan saja sering kali jumlahnya tidak tepat secara matematis, tapi juga juga urutannya tidak benar. Bayangkan posting yang dalam seminggu meraih 200 klik, kok dalam 30 hari cuma 175 klik. Atau, peringkat judul tertentu dari posting tertinggi saya di botd.WP hari itu per 6, 12, 24 jam, kok malah di halaman statistik saya cuma peringakat 4 di hari yang sama. Aneh!?

Jadi masih penting kah ngurus statistik blog? Alih-alih, seberapa penting ngurus statistik blog orang lain? Dus, kira-kira sepenting apa membincangkan ”dunia selebogging”? Kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur…

Komentar»

1. grandiosa12 - Januari 28, 2007

wakaka.. dipindah ke sini…. nuhun dah di link…

2. ilham - Januari 28, 2007

Jiakakakaka… juragan taruhan nongol nih. Ure welcome, bro!

3. Dani Iswara - Januari 29, 2007

iseng utak atik aja..wong masi pemula je..😀
makasi dikutip..
sekedar teori aja, kl mau maen ‘cepet’ kan kt mas Ilham ada banyak triknya..😀 (bole diulas tuh..kapan2)

[jgn2 blog ini ntar ‘dimodif’ abiz jg..]

4. wanatirta - Januari 29, 2007

Kayanya para pemula kudu belajar dari kesalahan-kesalahanya agar lebih baik, tapi kalau udah baca tulisan ini, para pemula (kaya saya) nggak perlu lagi bikin kesalahan yang sama. Thanks

5. senyumsehat - Februari 4, 2007

Hi Ilham.. aku baru ngeblog 2 hari, jd berkeliling nonggo…
OOOO baru tahu…jadi click2 itu di itung to? Ya di click sendiri aja …sambil dzikir… apa buat taruhan to kalau clicknya banyak? Ya udah sini… aku bantuin nge click ntar bagi2 tapi yaaa…klo bathi…

6. Kang Kombor - Februari 9, 2007

Wah, saya bisa dikatakan jarang nengokin botd.

7. ilham - Februari 9, 2007

@ senyumsehat, masak sih… kyknya dah mahir bgt… o0o, muksin di wp masih baru, tp sebelumnya dah transnational😛
@ Kang Kombor, hihihi buat intermezzo aja kali ya kang? …

8. helgeduelbek - Februari 11, 2007

Oh yg di kafe motor itu kebanyakan pengunjungnya orang “normal” ya. Sama juga dengan blog saya. Meskipun kita gak perduli dengan statistik, rupanya blog yang disukai wordpress itu memang yang memiliki spesifikasi. Tidak nyeleweng jauh dari tema.

Bayangkan posting yang dalam seminggu meraih 200 klik, kok dalam 30 hari cuma 175 klik. Atau, peringkat judul tertentu dari posting tertinggi saya di botd.WP hari itu per 6, 12, 24 jam, kok malah di halaman statistik saya cuma peringakat 4 di hari yang sama. Aneh!?
Mengenai yang ini, wordpress punya rumus khusus, dan itu tidak seperti hitungan matematika, jadi yah tidak aneh. Aneh menurut kita karena gak tahu rumusnya.🙂
Yang penting asyik saja dah nulisnya, dan berusaha pada kespesifikasian masing-masing. Keep on track. (begitu yah bahasa inggrisnya?)

9. sandynata - Februari 13, 2007

posting ttg rahma azhari di blog saya nyampe 2rebu klik dalam 1 hari, gila!😀 tapi pada dasarnya statistik blog bukan lah tujuan saya nge-blog, dan kalaupun stat nya naik ya.. anggep aja itu efek samping yang membanggakan .. huahahahha…

10. thedunixi - Oktober 9, 2007

statistik… info penting buat pengelola blogs.. tapi kadang dimanipulasi buat nunjukin trafic yang top.. seperti semua bilang.. manipulasi membohongi diri sendiri.. keep going… http://www.thedunixi.wordpress.com >> http://www.royalgroup.co.nr🙂

11. myheart - November 5, 2007

gak munafik nih..
kalo buka blog yg gw liat pertama kali ya hitnya.
trus comment yg masuk.

12. REGALLIA - Juni 20, 2014

ROYALFLUSH99 PROMO SPEKTAKULER
PADA UMUM NYA MIN DEPOSIT UNTUK SITUS
ROYALFLUSH99 ADALAH 50RB.
NAH SEKARANG ROYALFLUSH99 MEMPUNYAI PROMO
YANG TENTUNYA SANGAT-SANGAT SPECIAL LOH
DIMANA DENGAN HANYA MELAKUKAN DEPOSIT SEBESAR
10RB RUPIAH MAKA AKAN MENDAPATKAN BONUS 50RB RUPIAH
NAH PROMO INI BERLAKU UNTUK SEMUA PECINTA ROYALFLUSH99
BAIK YANG AKAN MENDAFTAR ATAUPUN SUDAH MENJADI PEMAIN
TETAP ROYALFLUSH99.COM

S&K
1.promo hanya berlaku untuk deposit 10rb..
tidak berlaku kelipatan
2.pemain hanya bisa melakukan WD apabila turnover permainan
mencapai 1.500.000
3.satu nomor rekening hanya bisa mengklaim promo 1 hari sekali
4.untuk mengklaim bonus di harapkan untuk menghubungi livechat kami
untuk keterangan dan info lebih lanjut
5.tidak diperbolehkan melakukan kecurangan seperti yang tertera di dalam
peraturan permainan di situs royalflush99
6. keputusan pihak royalflush99 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

claim bonus
1.bonus chip akan di berikan kepada setiap pemain melalui sistem voucher
2.setelah melakukan deposit maka setiap pemain di haruskan mengikuti langkah2
dibawah ini :
-buatlah memo kepada admin royalflush99
? Subjek : Promo spektakuler
isi : claim bonus promo spektakuler

-setelah kode voucher didapatkan maka pemain di haruskan untuk
masuk ke menu deposit.. isilah di dalam menu deposit sebagaimana
anda melakukan deposit seperti biasa nya…yang perlu di perhatikan adalah
pada kolom keterangan di tuliskan kode voucher yang telah diberikan

NB: segala tindak bentuk kecurangan tidak akan di tolerir.. akan di tindak secara tegas
pemain yg telah melakukan deposit..apabila ingin mengikuti promo maka tidak diizinkan
untuk bermain terlebih dahulu..apabila hal itu terjadi maka pemain tersebut tidak akan bisa
lagi mengklaim bonus dan tidak bisa melakukan WD sebelum chip mencapai standar minimum
WD yaitu 50rb

PROMO BERLAKU MULAI TANGGAL 20/06/2014 JAM 10.00 PAG


Tinggalkan Balasan

