jump to navigation

8 Kesalahan Blogger Pemula!!! Januari 27, 2007

Posted by ilham in Interupsi.
trackback

Tulisan ini merupakan ringkasan atas posting Nofie Iman tentang sejumlah kesalahan yang sering dilakukan para blogger pemula. Saya terdorong untuk ngeblog rada serius di WP salah satunya oleh tulisan itu. Memang di sana-sini saya potong atau tambah (sedikit), tanpa mengubah substansi, agar lebih nyaman dan cepat saji. Semoga bermanfaat bagi semua, termasuk saya yang juga pemula!😀

Kesalahan 1: Launching sebelum ada theme yang jelas

Kebanyakan blogging tools dalam berbagai layanan blog seperti di WP menawarkan theme default. Lazimnya seorang pemula, mereka tetap bertahan pada theme tersebut selama beberapa waktu. Namun jika benar-benar serius ingin membuat blog dengan pembaca yang loyal, maka sudah sepantasnya Anda membuat theme tersendiri. Memang benar, urusan theme teknis sekali. Tapi setidaknya, cobalah cari theme yang unik. Lakukan modifikasi, walaupun hanya ala kadarnya. Yang penting, modifikasi tersebut sudah cukup membedakan blog Anda dari blog-blog lain.

Kesalahan 2: Unregularly posting

Ketika Anda memutuskan membuat sebuah blog, berarti Anda berkomitmen untuk mengisinya secara periodik. Memang benar bahwa disiplin adalah sikap yang agak sulit dipertahankan. Entah karena keterbatasan waktu, kelupaan, atau alasan lain yang bisa saja muncul. Padahal, 500 kata atau 2-3 link yang menarik saja sudah cukup dituangkan dalam sebuah posting. Memelihara blog sama halnya dengan memelihara hewan atau tumbuhan peliharaan. It’s okay, ketika Anda sekali waktu lupa memberinya makan. Tetapi, jika hal itu terus-terusan Anda lakukan, tahu sendiri kan akibatnya?

Kesalahan 3: Obsesi berlebihan pada komentar, trackback, dan statistik

Jangan beranggapan bahwa sebuah posting belum ada artinya kalau belum diberi komentar atau ditrackback dari blog/website lain. Pada awal-awal masa blogging, pemula sering mengecek komentar (via RSS) setiap satu-dua jam sekali (dulu ada Awstats dan Webalizer untuk melihat trafik, keyword yang mengacu pada blog). Sekarang lebih gampang lagi karena ada fasilitas itu di WP. Tapi itu justru sia-sia. Sepanjang Anda mempunyai tulisan yang baik, format yang enak dibaca, dan visi atau sasaran yang jelas, pengunjung akan datang dengan sendirinya. Percayalah, obsesi berlebihan pada komentar, trackback, atau statistik, hanya akan membuahkan depresi pada diri Anda.

Kesalahan 4: Obsesi berlebihan pada fitur

Blogger pemula cenderung obsesif pada fitur-fitur yang sebetulnya belum terlalu diperlukan. Sebut saja blogshares, blogsnob, Amazon wishlist, flickr, del.icio.us, podcasting, Google Adsense, dan masih banyak lagi. Padahal lebih baik mengutamakan fitur yang standar. Sindikasi Atom/RSS/RDF mungkin sudah menjadi kebutuhan primer saat ini. Tapi lebih dari itu, pengunjung mungkin saja mencari informasi yang unik dan orisinil. Sah-sah saja Anda menambahkan fitur ini-itu di dalam blog Anda. Tapi sebelumnya, pastikan bahwa mereka memang membutuhkannya, atau setidaknya, mereka tidak merasa terganggu dengan itu.

Kesalahan 5: Mana yang penting dan mana yang tidak penting

Banyak blogger pemula, terutama remaja, yang memposting hal-hal remeh seperti berapa kali mereka bersin dalam satu hari, seberapa banyak gebetan mereka ngontak setiap harinya, bagaimana guru mereka begitu menyebalkan hari itu, dan hal-hal yang sama sekali tidak esensial lainnya. Memang benar bahwa blog serupa dengan online diary. Tapi mohon bedakan antara hal-hal yang harus ditulis di dalam blog dan hal-hal yang cukup ditulis dalam diary pribadi saja.

Kesalahan 6: Copy-paste yang pasrah

Blankspot tidak hanya terjadi dalam hal telekomunikasi saja. Kadang kepala kepala seorang blogger terasa begitu kosong sehingga sama sekali tidak ada inspirasi untuk menulis. Namun, kalaupun terpaksa melakukan copy-paste, ingatlah selalu untuk mencantumkan sumber aslinya, jangan dijiplak mentah-mentah begitu saja, dan lebih bagus lagi jika setidaknya ada satu-dua kalimat yang berisi komentar atau tanggapan unik dari Anda.

Kesalahan 7: Ambisi yang berlebihan

Beberapa blogger pemula, terkadang berharap agar bisa segera mencapai ketenaran di dunia blogging dalam sekejap. Jelas saja hal itu adalah sesuatu yang mustahil. Bahkan penulis buku/novel best-seller saja hanya menulis satu-dua paragraf per hari, kemudian meninggalkannya untuk melakukan aktivitas lain, dan menyelesaikannya secara bertahap di lain waktu. Dalam dunia blogging, ketenaran tidak diperoleh dalam satu hari. Kalau Anda menginginkan ketenaran itu, lakukan saja dengan sabar. Tentukan target yang realistis dan masuk akal. Jangan egois. Lakukan blogwalking dan tinggalkan komentar yang cukup bermutu di blog lain. Balas dengan baik email atau komentar yang masuk ke blog Anda. Toh, Roma juga tidak dibangun dalam sehari semalam, bukan?

Kesalahan 8: Alamat URL yang tak pernah berhenti berlari

Mungkin ini sudah kurang relevan saat ini. Tapi jaman dulu, sangatlah sulit (dan mahal) untuk mendapatkan domain dan hosting yang cukup reliable. Solusinya, fasilitas hosting gratisan menjadi jawaban. Sepintas, dari sisi biaya memang merupakan solusi praktis yang hemat biaya. Tetapi, sadarlah bahwa there’s no free lunch. Satu demi satu fasilitas gratisan itu mulai berguguran. Mereka mulai membatasi bandwidth, fasilitas, menghapus akses FTP dan CGI, dan sebagian yang lain mulai memberlakukan biaya yang justru lebih tinggi. Akibatnya, harus sering-sering gonta-ganti alamat URL. Anda tentu juga sering merasa jengkel bukan ketika teman Anda sering berganti nomor sehingga ketika Anda membutuhkannya, sangat sulit bagi Anda untuk menghubunginya?

Kesimpulannya, jangan terjebak sensasi “rasa” dalam dunia blogspots yang begitu maya ini!

Komentar»

1. Dani Iswara - Januari 29, 2007

blogger pemula masi coba2..mumpung gratisan..jd harap maklum..

kembali ke konten (juga..)😀 salam..

2. Kang Kombor - Februari 1, 2007

Nasehat yang bagus. Akan Kang Kombor ingat-ingat dan amalkan 8 kesalahan blogger pemula itu, Kang Ilham.

3. senyumsehat - Februari 4, 2007

OOO begitu too…ya…ya…kebetulan aku pemula neeh… untung sudah bikin theme khusus..paling ga kesalahan nomer 1 gugur deeh., tapi ya bener namanya pemula khan masih nyoba2 gitu loh… jangan disalahin dong…

4. paknewulan - Februari 9, 2007

Akan saya perhatikan pak…….soalnya sampai saat ini saya sudah punya 4 blog sampai pusing ngisinya………ya namanya masih mencari bentuk………………Kata Pak Budi Putra buat persiapan jika mau ke yang komersial……………..

5. sumeleh - Februari 15, 2007

thanks mas , matur nuwun .. artikelnya coba kurenungkan
permisi ya mas Ilham, boleh blognya aku masukkin di blogroll sumeleh ?

6. ilham - Februari 15, 2007

Monggo mas… tp sy bukan siapa2 lho🙂

7. kaveleri - Februari 21, 2007

makasih, mas ilham atas nasihatnya. aku memang masih pemula, jadi sangat perlu akan tulisan ini.

8. ilham - Februari 22, 2007

ini harus say thanks ke Nofie Iman…

9. Qen - Februari 28, 2007

hi, saya sbg blogger pemula bertrima kasi atas tulisan ini Pak Ilham! Tapi ya bertahap dulu deh… hal-hal remeh walopun orang males bacanya, enak si ngetiknya!!🙂 lebih murah pula, daripada curhat di telfon!
kayanya blog Pak ilham ini uda mapan ya? ga pusing bacanya, rapiii… ngiri deh gue!

10. ducatimonster - Mei 20, 2007

Bro kayaknya gada yang posting disini sejak februrai ya? ya udah sekarang ane mau nyanyi aja deh ,,,

Halo halo bandung … ibukota periangan … sudah lama beta … tidak berjumpa denganmu … sekarang sudah menjadi lautan api … maribung rebut kembali …

iseng aja

11. andalas - Juni 9, 2007

Makasih mas, nasehatnya berguna, saya sebagai pemula merasa terbantu. *langsung memikirkan theme ya pas*🙂

12. incitte - Juni 25, 2007
13. sidiqgandi - Juli 30, 2007

semoga dgn adanya teknologi blog ini bs saling berbagi ilmu (yg bermanfat tentunya) …

14. nuragus - Juli 31, 2007

Mantap mas. Makasih tips nya. Benar, sebagai blogger pemula saya masih excited dengan traffik yang melonjak. Padahal ada yang lebih penting yaitu quality content dan regular post.
Terima kasih, tulisan ini saudah menyadarkan saya

15. sariaman - Oktober 8, 2007

makasih ya atas informasinya…, so selama ini gue dah banyak dong lakukan kesalahan dan hampir semua kesalahan yang sobat sebutkan satu persatu pernah tercobadi blog gue….

se x makasih banyak ya…..

16. myheart - November 5, 2007

hahaha
jadi sadar nih,
sekian lama ngeblog ternyata gw masih spt pemula.

17. syahrul - Maret 4, 2008

ternyata emang bener semua yang sampean tulis, sama dengan yang terjadi pada diri saya. thanks beraaat masss

18. himio - Maret 23, 2008

terima kasih, saya pendatang baru –> tipsnya bagus koq.
bisa review blog pertama saya, persis hari ini baru jadi himio.890m.com , sarab dan kritik akan saya hargai,

terima kasih mas. ntar saya maen lagi ke blognya mas …🙂🙂 be2

19. tutorial blog - April 18, 2008

terlalu terobsesi mengejar keuntungan, atw selalu berharap banyak sebelum memberi sesuatu, atw memiliki paradigma bahwa mencari uang dari internet itu sangat mudah, ….. dll

20. mamas - April 23, 2008

Saya juga baru belajar. Makasih infonya ya…
Tapi saya suka yang gratisan.
Hidup gratis..!!!
Boleh saya kutip engga…?

21. PTfTo - Mei 11, 2008

Just Stopped by to say hi, Thanks
Worldship ups mac software

22. dinaefendi - Juli 22, 2008

Top banget,…klop dg yang ada di pikiran saya…tp susah buat ngungkapkannya, maklum ngblognya masih newbie…

23. rofi - Juli 22, 2008

ada artikel baru cari doollar cepatan mampirrrrrr hehehe

24. gusbali - Agustus 1, 2008

Terimakasih atas tulisanya…. bagus banget. Tulisan seperti inilah yang saya perlukan sebagai pemula di dunia blog.

Mau tanya nih.. boleh khan?
Gimana baiknya yeah??
– apakah bikin blog pribadi (domain dgn nama sendiri) yg isinya / topiknya apa saja segala hal yg ada di kepala ini dan mau kita sampikan?? ATAU
– bikin blog yang focus pada topik tertentu saja???

saya tunggu nasehatnya. Thanks…

25. mahesa - Agustus 23, 2008

thanks untuk sarannya….saya juga newbie nich baru 2 minggu hehehehe….tapi mayan nich yg view blogku sudah 400 an lebih…thanks utk sarannya……….

26. d4rkcell - September 11, 2008

Wah…matur nuwun mbah…berguna banget buat blogger newbie kayak saya…hehehe…

27. TIPS NGEBLOG DAPAT DUIT - September 18, 2008

Betul kate Lo … Emang Gitu dech !!
Tapi ada baiknya kalau kita ngeblog dapet duit …
Nah disini beda ……

28. Johnny - Oktober 20, 2008

namanya juga masih belajar kang, so masih perlu mencari jati diri. Postingan yang seperti akang ini lah mudah2an yang bisa menemukan jati diri sang blogger amatir.. he he he …

29. deni - Oktober 22, 2008

hmmm… jadi gitu ya, emang sepertinya semua perlu proses gak ada yang bisa langsung jadi bagai membalik telapak tangan. Terima kasih atas nasehat dan sarannya. Mudah – mudahan bisa menjadi acuan dalam menulis…

30. NIKKO - Oktober 27, 2008

thanks bgt ya mas atas sarannya..saya pemula dalam dunia blog dan saya juga pemula dalam dunia maya. Saya emang punya blog yg saya buat itupun cuma dari handphone saya..maklum saya malez ke warnet..saya orang miskin mas dan saya tertarik bgt dgn blog..ajarin dong mas cara buat blog buat pemula beserta istilah2nya..thanks;-)

31. rahmatrahman - Desember 3, 2008

gw juga masih baru, jadi trus menggali ( soalnya gw ex karyawan telkom bagian galian kabel) bagus deh kalo ada senior yang ngarahin ( bukan ngarahin parkir tapi).. gitu dong bagi-bagi ilmu

32. ardi - Desember 11, 2008

Ternyata banyak kesalahan yang saya lakukan…

33. Amanda Freby - Desember 28, 2008

Nasehat yang baik, terutama untuk diriku yang pendatang baru
Thanks

34. yuddie - Januari 8, 2009

Thank Banget Infonya, berguna bgt bagi saya blogger pemula ini,
tapi koq ini blog sudah lama banget ga ada postingan baru yah !
terakhir bulan juli 2008.

35. beni - Januari 16, 2009

thank`s ya atas infonya..maklumlah saya blogger pemula.

36. PrecyLia - Januari 20, 2009

Thanks bwt infonya, kbtulan gie ada tugas buat blog neh..
jadi membantu banget….

37. topan - Januari 25, 2009

saya gk tau sama sekali gimana cara ngeBlog,nulis yang saya ingin katakan,atau apa saja yang ingin saya katakan,tolong dunk

38. abdillah - Februari 8, 2009

thx atas segala nasehatnya, mg2 jadi pahala di akhirat nanti otre…

39. vellyn - Februari 10, 2009

anda mungkin sudah sering mendapat pesan ini, tapi ya…saya hanya mencoba. kalau boleh saya bisa menjadi teman blog anda, saya bukan hanya pemula tapi benar-benar baru memulai. adakah cara saya bisa berbincang-bincang dengan anda?setidaknya saya ingin memulai segala sesuatu dengan benar. jika anda berkenan tentunya. trims sebelumnya

40. Mary-az - Februari 15, 2009
41. yudi - Maret 9, 2009

wah, saya salah semua nih, nilaiq nol besar donk?

42. Regi - April 12, 2009

makasih ya atas infonya…saya harus mengurangi kesalahan nih biar nggak kecewa nantinya…

43. anakbaik82 - April 13, 2009

Waaah. bgs bgd infonya terutama buat saya. thx mas! hehehe…masih pemula jg saya.hihihi

44. bloggerkampungan - April 23, 2009

karena saya tidak bisa html css, jadi edit themenya amburadul boss,..

45. raka - April 25, 2009

maturnuwun mas ilham ilmunyasya sangat terbantu

46. ghaniy - Mei 3, 2009

masalah juga timbul karena kita tidak punya koneksi internet sendiri…jadi kalo mau update…malas…..

47. Tazkiyatunnafs - Mei 6, 2009

Kalau aku masuk kriteria nggak ya ?

48. asep - Mei 11, 2009

misal saya sudah membuat beberapa kesalhan, apa bisa di perbaiki dengan tetap meneruskan blog yang ada, atau saya buat blog baru…? terus terang saya masih in konsisten dalam menentukan tema tulisan.
makasih

49. dheNy - Mei 12, 2009

Hhmmm pas banget tuh sarannya buat gw, bravo mas Ilham. Nice Advice..

50. dewi - Mei 13, 2009

hy mas ilham..( panggil gto aja soalnya org surabaya hehheh ) waduh bener2 langsung suka baca artikel ini. rasanya mau tak print tak baca lagi terus n terus .cie.. makasih banget dwech…lyl iklan aq bisa nyanyi …. kini…ku ta….u. salam kenal mas

51. fadhly - Mei 17, 2009

mkacih nasehatx . Mkch jg buat mas ilham. Posting ini membuat aku sadar, trnyata blog aq salah semua. Mohon sarannya!

52. iklan baris gratis - Mei 26, 2009

Terima kasih ya mas, atas nasehatnya, memang bloger pemula itu perlu memperhatikan hal seperti diatas itu, biar lebih baik dalam membuat blog!

53. ahiya - Juni 1, 2009

Nice tips terutama bagi seorang pemula,bisa dijadikan referensi. Buat teman-teman tips-tips bisnis online di blognya Pak Joko Susilo juga cukup bagus lho.

54. okta - Juni 12, 2009

ya mgkn karena masih pemula jadi untuk awal2 banyak kesalahan

55. Roby - Juni 12, 2009

biasanya seorang pemula itu ingin sekali yang namanya “coba2” yang mengakibatkan adanya beberapa kesalahan2 yang anda sampaikan tadi. Tapi menurut saya proses “coba2” tersebut adalah sebuah proses dalam memahami sesuatu yang digelutinya, jadi wajar saja kalo terdapat kesalahan2 yang tersebut.

Maka dari itu, lebih baiknya adalah adanya bimbingan ataupun saran dari pihak2 yang sekiranya sudah berpengalaman..

56. ZINTOMANG - Juni 19, 2009

trims infonya bermanfaat skali buat sy yg baru blajar membuat suatu blog

57. agus tri - Juni 27, 2009

wah bener banget tuch, apalagi soal template kebanyakan blogger pemula malas ngoprek template nya

58. Ranzhe - Juli 5, 2009

iyaa ni sbg pemula…hasrat nulis masi menggebu2…ehhh,skrg malah mulai males…
binun mo nulis apa….
kejadian shari2 kagak ada yg mnarik…
theme jg masi nyontek…hehehe..
pengen maju tp gag tau musti gmn,,,
hiks

59. Julianto Prasetyo - Juli 26, 2009

sangat bagus tuh buat masukan!!..
sebagai pemula memang masih bingung..
butuh banget yang namanya tips / saran..

60. rizal - Agustus 3, 2009

terimakasih buat sarannya..:)

61. chandra_soLo - Agustus 9, 2009

jd gitu tow,
masukan yg sangat bagus.

trus bgaimana bkin themes sndri??

62. diswanto - Agustus 22, 2009

terima kasih untuk sarannya ….ini akan jadi daya pacu buat saya sebagai blogger baru, kalau boleh saya minta linknya ya..biar nanti jika saya lupa dan melakukan kesalahan tersebut di atas bisa untuk jadi pengingat saya…

63. cara dapat duit - Agustus 26, 2009

info yg bagus dan menarik

64. Pasukan Kuning Ngeblog :'D - September 7, 2009

N
I
C
E

I N F O …………………….

65. Sherinot - September 7, 2009

salam blogger pemula hahahhahah

66. syabrina - September 17, 2009

huaaaahh aku ga ngerti templete tuh buat apa. terus ganti theme nya gimana. ajarin dong kak

67. Pangeran - Oktober 4, 2009

aku ga mudeng nih….!????

68. INAL - Oktober 16, 2009

THANX Y MAS KLO BISA TIPS2 CARA BRANI NULIS PENGALAMAN PRIBADI GMN

69. INAL - Oktober 16, 2009

MAS

70. rang minang - Oktober 20, 2009

WAH trims banyak nih atas segala infonya sahabat yg baik.,semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi ya..Salam kenal
rangminang

71. Idwan R - Oktober 28, 2009

pertama-tama salam kenal
Thank,s atas tips yang diberikan, soalnya saya baru mencoba membuat BLOG jadi masih perlu tips-tips dari para BLOGGER senior.

72. Coretan Pertama di Dunia Maya « Blognya Rendi - November 6, 2009

[…] Salah satu tips yang cukup membantu saya dapatkan dari blog https://ilhamsaenong.wordpress.com […]

73. Muh rochim - November 7, 2009

Eap, emang saya baru pemula. Baru bwt blog, umurnya aja 1 bulan belum ada. Tp mg2 bisa sukses blog aku. Mampir dund.

74. Republik Blogger - November 23, 2009

matur suwun mas….

75. plr-gratis - Desember 25, 2009

masih berkutat di nomer 2

76. sentra muslim - Januari 20, 2010

Ulasannya sangat menarik, dan alhamdulillah beberapa point sudah saya atasi dan beberapa point belum bisa saya atasi. Terimakasih atas sharingnya.

77. bang ucup - Januari 24, 2010

postingan penting nih….kalo blog saya gimana mas…saya tunggu kunjungan baliknya,txs

78. boniez - Februari 23, 2010

Thnx tipsnya,
tapi kalo bwt blog pemula apa salahnya pake hosting yg gratisan, ketimbang langsung hosting yg berbayar, tpi gax ngerti apa2 tentang blog,,,
kan jadi repot….

79. Chuuninja - April 28, 2010

Yang gratisan itu untuk belajar dulu, cari tahu segalanya tentang bloging.
kalau udah mantap baru yang berbayar.
salam kenal………

80. Yayan N. - Mei 1, 2010

Semua berawal dari tidak tahu..
yg penting mau belajar.
aku jg pemula nih, tips”nya aku tunggu…

81. nadia - Mei 20, 2010

sepertinya, artikel ini juga ngena yang punya blog di blogspot.com. emang banyak sihm blogger pemula yang terlalu terburu-buru… tapi, saya juga blogger pemula. remaja juga. pokoknya, mirip yang ada diartikel itu (dikit) lah….
thanks, berguna banget buat blogger pemula

82. Yuda - Mei 26, 2010

O ya, dari 8 point di atas seluruhnya pernah saya alami kecuali ponit ke-7 maklum masih newbie….

83. hamz - Juni 12, 2010

salam kenal.
saya sebagai pemula terkadang bingung dengan banyaknya nasihat-nasihat dari senior. ada yang menasihatkan untuk membuat banyak blog, tapi di sisi lain saya merasa tidak pokus untuk blog-blog yang saya bangun. mohon nasihatnya. saya tunggu jawabannya ke email saya.

84. budiaman - Juni 14, 2010

Thanks ya atas infonya and salam kenal

85. Deho - Juni 15, 2010

Thx mas Ilham..
..artikel’x sungguh mantap sekali..pas bwt blogger pemula seperti saya ini.

86. dalvei - Juni 22, 2010

hehehe,,,makasih yah wat pencerahan’a????

87. bithdaddy - Juni 26, 2010

Yah, namanya juga pemula. Banyak gak taunya tapi lebih banyak ephorianya. Tapi kalo gak ngalamin seperti itu mereka malah gak cepet maju. Jadi biar dialami dulu sebelum waktu yang menentukan mereka jadi lebih profesional. Salam kenal.

88. Jack Andreas - Juli 13, 2010

visit my blog ya..
http://tokosrirejeki.wordpress.com/
thx mas..
ditunggu ya..
salam blogger indonesia

89. fransnoel - Juli 18, 2010

duh mdah2an deh aku gk kyak gtu, krna aq msih pmula bnget ni…
kunjungi aq yaa
fransnoel26102008.blogspot.com
thank u

90. willi - Agustus 6, 2010

terima ksih mas atas ilmunya

wong2231,blogspot.com

91. bang ucup - Agustus 9, 2010

salam hangat,kita harus selalu belajar dan sharing dengan sesama blogger…hidup blogger indonesia

salam :
http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/bukti-saya-di-bayar-oleh-investamabiz.html

92. ratansolomj9 - Agustus 26, 2010

Artikel anda sungguh inspiratif. dapat untuk berrefleksi tentang apakah yang telah kita lakukan selama ini salah/betul. khususnya buat saya yang masih newbie ini. Tanks

93. Syahid wahyudi - November 12, 2010

Mantaf nih tipsnya,hebat gan…
ane jg punya tips buat para blogger
silahkan klik disini
http://www.rahasiablogging.com/?id=sayd

94. Aris - November 17, 2010

Mksih bngt mas infoNya,
itu sangat bermanfaat bngt bwt gw yg msh pemula bngt..
Mga sukses sll
Salam knal..
Aris
http://kucinggaronkblog.blogspot.com

95. ags spt - November 30, 2010

Gan infonya bagus banget buat blogger pemula seperti saya yang blom tau apapa oh iya ijin kopas gan

96. yunifenanda - Desember 15, 2010

wah, sarannya harus di coba tuh . bagi saya,yang juga blogger pemula . maksih

97. Boy - Desember 17, 2010

thanks infonya sob , salam kenal ya

98. evan - Desember 26, 2010

makasi y mas tips’a…
saya baru di bloger

hehehheee

99. Anna - Januari 2, 2011

Wah kalau dipikir2 bnyk jg kslhn yg aq buat.thanks bngt,sngt mmbantu nich…aq blogger awam,sangat awam sekali malah,bnyk hal yg blm aq mngrti.jd blog aq msh gk karuan bentuk n isiny.da yg bs ksh saran?thanks,

100. Warung internet - Januari 10, 2011

Saya sadar sekarang klo selama ini saya terlalu berambisi, tanpa melakukan usaha yg pasti..hrs tertib posting..semangat!!

101. hadhara - Februari 22, 2011

bagus artikelnya… saya mau tanya cara buat tab menu kayak home, beranda, profil itu gmana ya,,,,??? saya pake blogspot.. makash infonya..

102. Farid - Maret 7, 2011

boleh tu masukannya, moga bermanfaat buat gw. sukses buat pemilik blog dan temen2 yang hoby nge-blog.
personal blog: chemistrymovement.co.cc

103. sandy - April 10, 2011

Sippp…
kunjungi Blog saya ya teman2…Mau tukeran Link juga boleh..

104. putro wae - Juli 10, 2011

wah… patut dijadikan rujukan…. kunjungi ya…. putroary.blogspot.com

105. renovasi - Agustus 31, 2011

hahahaha,,, gra2 bernfsu q tutup acount ampe 5 kli,,, bru sdar eh ada yg nulis kelakuan q,,, hahaha…. bwt blogger yg pemula ky kita emang hrus berdaptsi pling tdk 1 thun bwt jd terkenal, itupun klo qt pux sesuatu yg bru,, klo ngandalin apa yg sdah ad kyx kita tetp diblkang…

mju trus blogger indo..

106. ki ageng ganjur - November 16, 2011

Okelah gan atas masukannya melalui tulisan ini….tapi tolong dong kalau sempat tengokin blog ane n kasih saran secara konstruktif

107. Suhartono - Januari 21, 2012

nice info, sangat bermanfaat.

ditunggu kunjungan baliknya KLIK DISINI

108. haji umrah - Maret 8, 2012

good… informasi yang sangat mencerahkan dan bisa menjadi renungan sebelum ngeblog…..

109. belajar bahasa korea - Maret 8, 2012

mantap, layak menjadi referensi sebelum memulai ngeblog… terima kasih

110. Jefri Nababan - April 12, 2012

ternyata smua yang saya lakukan slama ini salah total. maklum masih baru..

111. Jefri Nababan - April 12, 2012

maaf saya merubah link blognya bro..yang lama sudah saya hapus,.TY

112. Ridho Maulana - Mei 10, 2012

Salam Hangat Mas.. Artikelnya sangat membangun untuk blogger pemula spt saya.. semoga jg bermanfaat buat yg lainnya…terimakasih atas sarannya…
Sukses !!

113. mahful - Juli 14, 2012

thx ,,sangat membantu..saya lag belajarni,,

114. dblaxcamb - Agustus 7, 2012

terima kasih om saya emang ganteng bgt, sekali lagi thank’s

115. agung subarkah - Agustus 11, 2012

Waduh mas punyaku salah semua nich…
gimana yaa buat selanjutnya apa bisa dilanjut, atau dihapus atau ditingalin aja.
apa mendigan pegang pacul nyangkul di sawah dah ketauwang capeknya thuh he he he ….

116. mus oranje - September 25, 2012

sama seperti saya dulu, tapi sekarang udah hilang dikit-dikit,

117. taufieq - Oktober 12, 2012

namanya juga pemula mohon bantuannya

118. mikhofel - November 13, 2012

trims buat artikel outline-nya, sangat membantu. tapi mau tanya mas, ini artikelnya cenderung ke situs yg komersil atau semacam “online diary” gitu? Gimana ya kalau saya hanya ingin bertukar/berbagi pikiran, atau malah hanya utk sbg “online diary,” apa tetap lebih baik saya pakai yg berbayar? salam dari pemula🙂

119. mikhofel - November 13, 2012

trims buat infonya. bagaimana kalau saya ingin menggunakan blog sebagai tempat hanya untuk bertukar/berbagi pikiran saja, atau bahkan mungkin sebagai “online diary,” bukan untuk komersial, apa sebaiknya saya menggunakan situs berbayar juga? Salam dari pemula🙂

120. faisal aziz - November 14, 2012

thanks banget atas info nya .. … sebuah masukan yang berharga bagi saya blogger pemula

121. REGALLIA - Juni 20, 2014

ROYALFLUSH99 PROMO SPEKTAKULER
PADA UMUM NYA MIN DEPOSIT UNTUK SITUS
ROYALFLUSH99 ADALAH 50RB.
NAH SEKARANG ROYALFLUSH99 MEMPUNYAI PROMO
YANG TENTUNYA SANGAT-SANGAT SPECIAL LOH
DIMANA DENGAN HANYA MELAKUKAN DEPOSIT SEBESAR
10RB RUPIAH MAKA AKAN MENDAPATKAN BONUS 50RB RUPIAH
NAH PROMO INI BERLAKU UNTUK SEMUA PECINTA ROYALFLUSH99
BAIK YANG AKAN MENDAFTAR ATAUPUN SUDAH MENJADI PEMAIN
TETAP ROYALFLUSH99.COM

S&K
1.promo hanya berlaku untuk deposit 10rb..
tidak berlaku kelipatan
2.pemain hanya bisa melakukan WD apabila turnover permainan
mencapai 1.500.000
3.satu nomor rekening hanya bisa mengklaim promo 1 hari sekali
4.untuk mengklaim bonus di harapkan untuk menghubungi livechat kami
untuk keterangan dan info lebih lanjut
5.tidak diperbolehkan melakukan kecurangan seperti yang tertera di dalam
peraturan permainan di situs royalflush99
6. keputusan pihak royalflush99 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

claim bonus
1.bonus chip akan di berikan kepada setiap pemain melalui sistem voucher
2.setelah melakukan deposit maka setiap pemain di haruskan mengikuti langkah2
dibawah ini :
-buatlah memo kepada admin royalflush99
? Subjek : Promo spektakuler
isi : claim bonus promo spektakuler

-setelah kode voucher didapatkan maka pemain di haruskan untuk
masuk ke menu deposit.. isilah di dalam menu deposit sebagaimana
anda melakukan deposit seperti biasa nya…yang perlu di perhatikan adalah
pada kolom keterangan di tuliskan kode voucher yang telah diberikan

NB: segala tindak bentuk kecurangan tidak akan di tolerir.. akan di tindak secara tegas
pemain yg telah melakukan deposit..apabila ingin mengikuti promo maka tidak diizinkan
untuk bermain terlebih dahulu..apabila hal itu terjadi maka pemain tersebut tidak akan bisa
lagi mengklaim bonus dan tidak bisa melakukan WD sebelum chip mencapai standar minimum
WD yaitu 50rb

PROMO BERLAKU MULAI TANGGAL 20/06/2014 JAM 10.00 PAG


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: