jump to navigation

Bangsa Cina Pengeliling Dunia Pertama Desember 27, 2006

Posted by ilham in Buku.
trackback

Judul Asli: 1421: The Year China Discovered The World, Genre: Nonfiction, Author: Gavin Menzies

Buku 1421: The Year China Discovered The World (yang untuk edisi Amerika terbit dengan judul 1421: The Year China Discovered America) pada dasarnya ingin membuktikan jika sejarah lama yg sangat eurosentris itu keliru. Penemu dunia-dunia baru bukanlah para petualang Eropa yang sering digembar-gemborkan, tapi bangsa Cina. Columbus, Ferdinand Magellan, Vasco DaGama, hanyalah menyusuri ulang apa yang telah dipetakan para pelaut Cina pada tahun-tahun kejayaan armada laut mereka. Itulah yang membuat sejarah dunia berubah meskipun tak pernah terungkap karena tertutupi oleh beban dan tendensi geo-politis yang berat.

Gavin Menzies memulai kritik sejarahnya dengan mengajukan hipotesis bahwa, jika sejumlah peta kuno buatan kartografer Eropa berhasil menggambarkan bagian-bagian tertentu dari bumi secara kurang lebih “akurat” sementara penjelajahan dan pemetaan terhadapnya belum dilakukan hingga beberapa puluh tahun setelah peta-peta kuno tersebut selesai di gambar, maka bukankah tidak mungkin mereka menyalin dari sumber lain yang dibuat kartografer sebelumnya? Dan para kartografer itu tak mungkin melakukannya tanpa serangkaian petualangan mahaluas, mahapanjang, dan mahasulit oleh para penjelajahan yang tak kalah tangguhnya.

Dari hipotesis inilah Menzies mengembangkan sejumlah logika dan pembuktian berdasarkan temuan-temuan arkelogis, peta-peta kuno, catatan-catatan sejarah, hingga bukti-bukti linguistik, biologis, dan flora-fauna yang tersisa hingga kini. Bukti-bukti ini sedemikian banyak dan panjangnya. Memenuhi hampir keseluruhan isi buku di setiap babnya. (Mau baca lebih banyak soal bukti-bukti ini, silahkan langsung baca ke sumbernya).

Pertama-tama ia menunjukkan bahwa dari semua armada laut yang tersedia pada kurun itu tak satupun yang memiliki kekuatan untuk melakukan perjalanan mengelilingi dunia. Imperium laut Venesia hingga Tamerlane tidak memungkinkannya akibat situasi mereka yang sedang merosot dan penuh perpecahan. Demikian pula mitos-mitos kejayaan Mesir dan kekuasaan kaum Muslim Timur Tengah, apalagi bangsa-bangsa kecil di berbagai benua yang bahkan belum memiliki kemampuan navigasi, pengetahuan kartografi. Mereka tidak memiliki pemerintahan yang sanggup menyokong ekspedisi besar yang pasti memakan biaya yang tak sedikit. Hanya imperium Cinalah yang benar-benar memiliki uang, kepemimpinan, momentum hingga teknologi yang memadai.

Pada saat yang sama, gairah “kuasa” Zhu Di, pendiri dinasti Ming kala itu, untuk menyatukan seluruh peradaban besar yang belum dikenal di berbagai belahan bumi ke dalam sistem ekonomi berbasis perdagangan dan kekuasaan simbolik berbasis “upeti” menjadi daya dorong yang sanghat dahsyat. Pada diri para laksamana bangsa Cina pun tak kalah besarnya tekad mereka untuk membuktikan kemahiran navigasi dalam melayari berbagai perairan buas di jagat raya ini. Semua itu lalu berkelindan dengan keinginan para ilmuan dan juga pemimpin dan raja mereka, untuk memetakan garis-garis wajah bumi—selagi menemukan, membuktikan, dan menerapkan pengetahuan astronomi yang tak pernah dicapai sebelumnya.

Bangsa Cina pun berhasil meskipun harus menyiapkan armada besar yang menguras pembendaharaan mereka yang luar biasa. Mengirimkan tak terhitung jumlah ahli dan orang-orang terbaik mereka selama tak kurang dari tiga tahun. Menempuh jutaan mil laut di tengah gelora arus, ancaman badai dan tsunami, prahara musim, hingga karang dan bongkahan es yang tak terperikan. Mereka tahu semua risiko itu, dan bahwa sebagian (besar) dari mereka tak akan pernah bisa lagi kembali ke tanah kelahiran.

Pada tahun 1421 armada besar dipimpin oleh Laksamana Ceng Ho pun siap. Armada yang terdiri dari empat kelompok besar ini masing-masing dipimpin seorang laksamana besar. Empat armada besar dilepas kurang lebih secara bersamaan sementara satu di antaranya dilepas lebih awal setelah disiapkan untuk lebih lama berada di laut. Kaisar Zhu Di melepas pelayaran Hong Bao menuju Antartika dan Australia, pelayaran Zhou Man menuju Australia, Pulau Rempah-Rempah di Nusantara, hingga mengitari Amerika Tengah, pelayaran Zhou Wen ke Amerika Utara hingga ekspedisi ke Kutub Utara, dan pelayaran Yang Qing yang memiliki tujuan khusus mengitari sejumlah samudera dan perairan untuk menyempurnakan panduan navigasi astronomis dengan menemukan kombinasi garis bujur dan lintang yang sebelumnya belum pernah dilakukan sebelumnya.

Pada tahun 1424, sempurna sudah pelayaran besar itu. Dengan jalurnya masing-masing mereka telah berkumpul kembali di daratan Cina. Dengan mengitari bumi, menjelajahi samudera-samudera raya, mengunjungi berbagai benua, dan menemukan patokan-patokan pengukuran navigasi, tak sulit bagi mereka untuk mengambar bumi dengan tingkat akurasi yang mengagumkan. Bukan cuma itu, peta bumi yang mereka buat akan menjadi rujukan rahasia para penjelajah Eropa dalam berlayar ke seluruh penjuru dunia di kemudian hari.

Bangsa Cina terbukti telah menciptakan peta dunia yang akurat dengan keberhasilan mengelilingi dunia. Mereka telah menguasai rute mengitari benua Afrika, 30 tahun sebelum Bartolomeu Dias menemukan jalur ke Tanjung Harapan langsung dari Eropa. Lalu mereka telah mengunjungi daratan Amerika lebih dari satu kali pelayaran 70 tahun sebelum Columbus tersasar di
sana. Mereka juga mendahului pelayaran keliling dunia pertama bangsa Eropa melalui pelayaran Ferdinand Magellan seabad sesudahnya. Bahkan tiga abad lebih maju dari Kapten Cook yang menjelajahi pulau rempah-rempah hingga Australia dan
New Zealand.

Memang membuktikan kedigjayaan bangsa Cina ini sungguh berat. Bukan saja para petualang dan penguasa Eropa menutup-nutupinya, tapi juga karena bangsa Cina sendiri sedang mengalami kemunduran peradaban. Istana mereka baru saja terbakar oleh sambaran petir yang tak diduga-duga, dan kelompok kepentingan mulai mengeksplotasi takhayul dengan menafsirkan peristiwa itu sebagai kutukan ilahi. Padahal di belakang itu Kelompok Birokrat (Mandarin) kerajaan sedang iri dengan prestasi Kaum Kasim (Armada Laut) mereka.

Dalam masa huru-hara politik itulah bangsa Cina kemudian menutup diri. Segera setelah para laksamana itu merapat, Cina jatuh menjadi bangsa yang paling tertutup. Hubungan luar negeri diputuskan dan anggaran angkatan laut disumbat. Berakhirlah masa keemasan armada laut Cina, dan surut pula pengetahuan kita tentang mereka. Yang tersisa kini hanyalah peta warisan mereka yang sempat dibaca dan dijadikan rujukan para petualang Eropa setelahnya. Sebuah bangsa yang telah menjadi pemimpin dalam menemukan dunia-dunia baru, kala Eropa masih terkungkung mitos bumi pipih dan laut penuh makhluk gaib. Dan, saatnya semua dikembalikan pada tempatnya!!!! 1421.jpg

Komentar»

1. hangno - Februari 26, 2007

salam kenal. sy lagi menyiapkan rancangan majalah spiritual dan kearifan lokal. judulnya d-jenar. di edisi pertama ini sy perlu melengkapi data dng peta kuno Indonesia.bisa memberi?

2. ilham - Februari 26, 2007

wah… kawan, saya cuma org biasa yg hoby ilmu jg motor. tp kalo mendalam sy ga ada… tnq udah berkunjung

3. christian - Mei 24, 2007

anjink piye koq ga ada pete jalur pelayarannya sich apaan nih!!!!!!!!!

4. dhanie vO - Agustus 25, 2007

waw….
brapa lama mikir gituan…
panjang amat….

5. YATI MARYA - Oktober 26, 2007

WOW HEUBAT BENER TUH……….!!!, IKUTAN DONK

6. graldo - Desember 23, 2007

tuh khan bangsa china ternyata lebih unggul dari bangsa eropa.gak lama lagi juga ekonominya juga bakalan nyaingin eropa.

7. bengkelsepedamotor - Maret 2, 2008

Bukti sederhana-nya bangsa China bertebaran dimana-mana seluruh bagian dunia lebih banyak dibandingkan bangsa Eropa.
Dan bangsa China tidak pernah menjajah bangsa lain…

8. andre - Agustus 19, 2008

ei expedsi bangsa bangsa eroa apa

9. arie - Desember 18, 2008

“Keadilan” dunia memang sering tidak masuk akal. Konon dulu orang cina menjelajahi dunia, tapi mereka berdagang & mereka bukan tipikal orang yang licik. Jadi semaju-majunya mereka, mereka tidak membuat bangsa yang berurusan sama mereka jadi tidak maju. Tidak seperti bangsa eropa jaman dulu (jaman dulu lho ya, sekarang mungkin gak terlalu), mereka aslinya orang barbar, yg ada di pikirannya, kalo saya menang ya kamu kalah, “gak mungkin ada lebih dari 1 pemenang”. Lihat aja gimana jawa bisa kalah sama belanda. Belanda itu menang hasil kibul2an. Ngomongnya mo ngajak berunding, tau2 dimatiin. Orang jawa itu kalah licik, bukan kalah kuat.

10. asasasass - September 13, 2009

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

11. udin malay riau - Februari 13, 2010

bangsa cina ut memang bangsa tua,,,yg jelas blm apa-apanya eropa tu cina udah ada,,,cman saya jg masih ragu dlm hal pelayaran tadi,,,memang kita pasti mengenal cheng ho,,cina muslim bersama 300an buah kapal berlayar,,menelilingi dunia,,tp itu terjadi pada 1500-an sementara bangsa asli,,amerika selatan,,,sedikit afrika,,,kepulauan new zealand wajah aslinya lebih mendekati,,bangsa melayu ketimbang cina,,,memang melayupun masih di pertanyakan karena sebagian org menyebut melayu itu memang bagian ras cina,,,mongoloid,,,mereka merupakn org dr yunan lembah mekong,,,campa ,,,hgg menebar ke seluruh kepulauan pasifik,,,dan samudera hindia,,,melayupun memang banyak sekali penyampuran tp iduknya dr cina, dan india selanjut berkawin dg arab,,,namun untk kelautan saya lebih senang di sebut bangsa melayu,,smpai kini orh melayu memang menguasai lautan,,,lihatlah di relief candi borobudur,,,jauh sebelum 8 abad sebelum chengho mengembara,,,moga bangsa melayu(walau berketrurnan cina jg) dpt mendalami,,,misteri ini

12. putrie - Januari 23, 2012

keren.. minjem secuil penjelasannya yaa.. terima kasih🙂

13. SATRIO - Juli 10, 2013

SETUJU BANGET…dan memang seperti itulah sejarah yang tertulis dengan benar dan memang terbukti dalam manuskrip2 kuno cina dan peninggalan laksamana ceng ho di Nusantara dan keadan suku indian sebelum colombus mendarat…dan pada dasarnya Orang2 Eropa mengklaim dialah yg superior dalam pelayaran dan opini ini terus menerus dijejalkan pada kita lewat kurikulum2 yang memang propaganda mereka..terbukti VOC membakar 4 gerobak arsip2 kuno berumur antara 400 tahun di masjid yg dibuat oleh laksamana cengho..dgn kata lain inilah program pembodohan untuk bangsa indonesia agar kita tidak mengetahui sejarah yg otomatis bangsa ini tidak dpt mengembangkan riset ekonomi,teknologi,tatanegara dsb,.dikarenakan sumber2 yg penting dalam LITBANG anak bangsa ini telah dihancurkan dan yg masih ada diselewengkan dgn cerita2 tahayul agar bangsa ini berpikiran tahayul tidak berpikir secara rasional dan ini telah dipikirkan oleh bangsa2 penjajah untuk membodohi bangsa ini agar mudah untuk dijajah dan setelah dijajah sulit bansa kita untuk lepas…..

14. REGALLIA - Juni 20, 2014

ROYALFLUSH99 PROMO SPEKTAKULER
PADA UMUM NYA MIN DEPOSIT UNTUK SITUS
ROYALFLUSH99 ADALAH 50RB.
NAH SEKARANG ROYALFLUSH99 MEMPUNYAI PROMO
YANG TENTUNYA SANGAT-SANGAT SPECIAL LOH
DIMANA DENGAN HANYA MELAKUKAN DEPOSIT SEBESAR
10RB RUPIAH MAKA AKAN MENDAPATKAN BONUS 50RB RUPIAH
NAH PROMO INI BERLAKU UNTUK SEMUA PECINTA ROYALFLUSH99
BAIK YANG AKAN MENDAFTAR ATAUPUN SUDAH MENJADI PEMAIN
TETAP ROYALFLUSH99.COM

S&K
1.promo hanya berlaku untuk deposit 10rb..
tidak berlaku kelipatan
2.pemain hanya bisa melakukan WD apabila turnover permainan
mencapai 1.500.000
3.satu nomor rekening hanya bisa mengklaim promo 1 hari sekali
4.untuk mengklaim bonus di harapkan untuk menghubungi livechat kami
untuk keterangan dan info lebih lanjut
5.tidak diperbolehkan melakukan kecurangan seperti yang tertera di dalam
peraturan permainan di situs royalflush99
6. keputusan pihak royalflush99 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

claim bonus
1.bonus chip akan di berikan kepada setiap pemain melalui sistem voucher
2.setelah melakukan deposit maka setiap pemain di haruskan mengikuti langkah2
dibawah ini :
-buatlah memo kepada admin royalflush99
? Subjek : Promo spektakuler
isi : claim bonus promo spektakuler

-setelah kode voucher didapatkan maka pemain di haruskan untuk
masuk ke menu deposit.. isilah di dalam menu deposit sebagaimana
anda melakukan deposit seperti biasa nya…yang perlu di perhatikan adalah
pada kolom keterangan di tuliskan kode voucher yang telah diberikan

NB: segala tindak bentuk kecurangan tidak akan di tolerir.. akan di tindak secara tegas
pemain yg telah melakukan deposit..apabila ingin mengikuti promo maka tidak diizinkan
untuk bermain terlebih dahulu..apabila hal itu terjadi maka pemain tersebut tidak akan bisa
lagi mengklaim bonus dan tidak bisa melakukan WD sebelum chip mencapai standar minimum
WD yaitu 50rb

PROMO BERLAKU MULAI TANGGAL 20/06/2014 JAM 10.00 PAG

15. dini - Oktober 23, 2014

sangat bagus sekali

16. irvan - November 6, 2014

1 hal dr bgs cina yg smp skrg sgt menarik perhatian sy adl kenyataan bhw mereka tdk prnh menjajah bgs lain. Pdhal kl kita belajar dr sejarah, ribuan thn yg lalu sblm zaman revolusi industri, sebelum eropa spt skrg ini, smua teknologi msh amat sederhana, bgs cina sdh membangun kekaisaran, peradaban, angkatan militer yg bsr, jml tentaranya sgt byk, memiliki byk armada kapal2 bsr, memiliki byk ahli bela diri (krn memang ilmu bela diri awalnya jg dr bgs cina), dan yg lbh penting lg memiliki pengalaman berperang di dlm negerinya sdr dan memiliki strategi militer yg cerdik. Tp dgn smua itu yg dimiliki oleh bgs cina di zaman dulu, sejarah mencatat bhw bgs cina tetap tdk prnh menjajah bgs lain. Jd kl ad org mengatakan PD ke 3 akan dimulai dr bgs cina, itu perkataan yg amat diragukan mnrt sy. Mrk bicara begitu entah mrk hny asal omdo, mendengar omongan org lain saja yg ngomong begitu, atau hny rasa ketidaksukaan mereka saja thd cina. Bgm mgkn menuduh seseorg atau stu bangsa bs melakukan hal yg buruk, sdgkan catatan ms lalu mrk tdk prnh membuktikannya, tp bangsa2 lain yg memiliki catatan masa lalu prnh menjajah malah tdk mereka curigai akan melakukannya lg? Kl bgs cina mau menjajah, mgkn sdh dr dulu mrk melakukannya, zaman eropa blm spt skrg, bgs cina memiliki kesempatan emas utk melakukannya dulu, tp mrk tetap tdk pernah melakukannya. Dan kalau dr dulu bangsa eropa tdk prnh menjajah, blm tentu jg bgs eropa bs semaju sekarang. Ratusan thn yg lalu, bgs eropa membangun negaranya, membangun teknologinya byk dr hasil penjajahan. Dan penjajahan adl pelanggaran HAM terburuk dan terberat dan tersadis mnrt sy. Tidak ada hal yg lbh buruk, yg lbh tdk bermoral drpd penjajahan. Pembunuhan, pembunuhan massal, pemerkosaan, pemerkosaan massal, pemfitnahan, pemerasan, perbudakan, ketidakadilan, adu domba, penganiayaan, perampasan dan segala hal terburuk yg bs dilakukan manusia berkumpul jd satu di dlm penjajahan. Dan itu smua dilakukan thd sesamanya sendiri. Awal bgs eropa membangun industrinya, menciptakan teknologi dan mengembangkan teknologi modernnya adl byk berawal dr hasil kebiadaban penjajahan mrk di masa lalu. Membuat bgs mereka lbh maju, lbh makmur, membangun peradaban, shg pd akhirnya mereka bisa membangun teknologi yg lbh modern yg dimulai dr revolusi industry. Dunia yg kita tinggal skrg ini, yg memiliki teknologi maju dan trs berkembang spt skrg ini, jg sbgn bsr berawal dr teknologi yg mrk buat di masa lalu. Tp sayang, teknologi2 yg diciptakan bgs eropa di masa lalu byk sekali cacatnya. Menghasilkan byk polusi, byk menguras energi minyak bumi, membuat smua perusahaan ingin berlomba2 memiliki teknologinya, krn mereka tdk punya pilihan, kalau tdk mereka akan kalah bersaing dan akhirnya melahirkan kapitalisme. Dan jadilah dunia yg kita tinggali spt skrg ini, dunia yg penuh dgn krisis, krisis global warming, krisis ekonomi, krisis lingkungan, krisis kesehatan, krisis moral, kesenjangan sosial, krisis yg lain2, dan pd akhirnya dunia yg terancam kiamat. Beda halnya dgn teknologi2 yg dibuat bangsa cina zaman dulu, yg lbh sederhana, smuanya msh serba manual, tp jg tdk menghasilkan byk polusi, mungkin hny kembang api saja yg bs menghasilkan polusi, tp kembang api biasanya hny digunakan utk perayaan tertentu saja. Teknologi2 modern yg diciptakan bgs eropa di masa lalu yg menghasilkan byk krisis spt skrg ini, apakah ini kutukan krn awal penciptaan teknologi modern di masa lalu yg dibuat oleh bgs eropa byk berasal dr hasil kebiadaban mereka di masa lalu? Atau memang manusia tdk akan prnh bs membuat teknologi modern yg aman?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: